Ahmadinejad: Saya Buktikan Siapa Sebenarnya yang Terasing!

Posted on Updated on

Presiden Republik Islam Iran, Mahmoud Ahmadinejad menilai Deklarasi Tehran telah menciptakan atmosfer baru dalam hubungan dunia. Demikian dilaporkan IRNA mengutip keterangan kantor presiden Iran. Ahmadinejad dalam wawancaranya dengan Televisi Alaan Uni Emirat Arab menjawab pertanyaan soal apakah Deklarasi Tehran menjadi titik awal lahirnya gerakan baru dalam tatanan global mengatakan, “Pasti demikian. Sejumlah negara yang telah berkuasa di dunia selama 60 tahun beranggapan bahwa mereka mengontrol masa depan dunia dan bahwa semua negara dan pemerintahan berjalan di jalur yang telah mereka tentukan.”

Eropa Bebas Memilih

“Di sela-sela fenomena tersebut, Deklarasi Tehran telah membuktikan bahwa gerakan baru dari negara-negara independen dengan perspektif positif terhadap kemanusiaan, keadilan, dan persahabatan, berupaya menjalin hubungan baru di dunia dan menyingkirkan hegemoni, pemaksaan, serta represi kaum imperialis,” tegas Ahmadinejad.

Di bagian lain pernyataannya, Ahmadinejad menyatakan bahwa hubungan Iran dengan berbagai negara sangat bersahabat. “Eropa bebas memilih. Jika ingin bergerak di bawah pengaruh Amerika Serikat, mereka harus mengetahui bahwa kekuatan Amerika Serikat dalam proses degradasi, dan dengan demikian mereka akan jatuh bersama Amerika. Namun jika Eropa ingin menjalin hubungan persahabatan dan terhormat dengan negara dan bangsa-bangsa independen termasuk Iran, maka hal tersebut akan sangat menguntungkan mereka.”

“Bangsa Iran selalu menyambut hangat sikap tersebut namun jika mereka ingin berdampingan dengan Amerika, maka tidak ada bedanya bagi kami. Karena pada era perang melawan rezim Saddam pun, negara-negara seperti Uni Soviet, Amerika, dan Eropa juga mendukung Saddam”, “Bangsa Iran sendirian menghadapi mereka semua dan sejak itu Iran berhasil melalui berbagai rintangan.” Dikatakannya, yang pasti kekuatan pihak yang hingga kini masih menentang Iran jauh lebih lemah dari kekuatan mereka pada masa itu.

Iran Terkucil?

Mereaksi klaim keterkucilan Iran di tingkat dunia, Ahmadinejad mengatakan, “Memangnya dunia disimpulkan hanya pada beberapa negara Eropa saja?”

“Dalam sidang revisi Traktat Non-Proliferasi Nuklir (NPT) di New Yok, baik Amerika Serikat maupun negara-neara Eropa mengemukakan pendapat masing-masing.

Namun pada akhirnya lebih dari 180 negara dunia mendukung kebijakan Iran. Maka jelas sudah siapa sebenarnya yang terkucil dan terasing di dunia.” Presiden Iran menegaskan bahwa bangsa Iran memiliki hubungan baik dengan semua negara kecuali dengan Amerika Serikat dan rezim Zionis Israel.

Bahkan hubungan tersebut telah meluas di sektor ekonomi, budaya, dan diplomatik. Lebih lanjut dijelaskannya, “Para pejabat Iran dapat bepergian ke negara mana pun dengan leluasa dan mendapat sambutan hangat. Namun apakah para pejabat tinggi Amerika Serikat dan Eropa, dapat dengan leluasa berkunjung ke banyak negara. Masalah ini menunjukkan siapa sebenarnya yang terkucil.” (IRIB/MZ)