Common Dreams: Presiden Amerika Hanya Boneka Sistem Kapitalis

Posted on Updated on

Satu hal pasti yang mengubah Obama dari simbol harapan dan perubahan menjadi seorang presiden pengekor politik George W. Bush adalah sistem kapitalisme. 

Situs Common Dreams menurunkan analisa soal mekanisme lenyapnya harapan rakyat Amerika Serikat untuk menikmati perubahan yang mereka nanti dari Presiden Barack Obama. Sistem kapitalisme dinilai sebagai faktor utama tidak berubahnya politik yang berkuasa di negara ini.

Oleh karena itu, kegagalan tersebut bukan bersifat individu melainkan kegagalan sebuah sistem yang telah berkuasa dan mengontrol penuh Amerika Serikat.

Common Dreams menambahkan bahwa masalahnya cukup jelas. Orang yang ingin duduk di kursi kepresidenan Amerika Serikat sangat membutuhkan suara yang tidak mungkin didapat kecuali melalui kampanye luas, dan kampanye seperti itu tidak mungkin tercapai tanpa mengumpulkan uang dalam jumlah besar.

Sementara di satu sisi, dana sebesar itu hanya dimiliki oleh para investor besar dan perusahaan finansial dan ekonomi raksasa. Tentunya investor dan perusahaan tersebut hanya bersedia mengucurkan dana untuk pihak yang menjamin kepentingan mereka. Oleh karena itu, baik Obama atau orang lain yang memegang kekuasaan di sistem korup ini harus mengikuti kepentingan para investor tersebut.

Terkait Obama, para investor dan perusahaan-perusahaan raksasa tersebut kini tengah mengeruk keuntungan dari yang telah mereka kucurkan untuk membiayai kampanye Obama, dan setiap undang-undang yang merugikan mereka pasti akan diveto. Perusahaan-perusahaan itu pula yang tidak ingin politik konfrontatif Amerika Serikat berakhir, mengingat keuntungan yang mereka peroleh.

Banyak pengamat yang berpendapat bahwa rakyat Amerika Serikat tidak boleh mengharapkan perubahan individu dalam mengacu perubahan sejati, melainkan harus berupaya mengubah sistem kapitalisme yang telah mengakar di negeri ini. (IRIB/MZ/SL)

Iklan