Osama Terbunuh, Osama-osama lain Gentayangan

Posted on Updated on

Foto Rekayasa Kamatian

Ketika Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama memastikan teroris yang paling dicari dunia, Osama bin Laden, tewas, dunia bergetar karena Osama yang lain sudah bergerak. Osama-Osama lain inilah yang membuat perang AS/Barat atas terorisme tak kunjung usai.

Kematian Osama bin Laden di tangan pasukan khusus Amerika Serikat di Pakistan tidak lantas membuat dunia jadi lebih aman. Justru muncul Osama-osama yang lain, yang akan meneruskan teror Al-Qaeda di seluruh dunia. 

Ahli terorisme global dari Universitas Monash, Australia, Dr Greg Barton kepada Brisbane Times, Senin (2/5) menyatakan Al-Qaeda bukanlah kelompok kecil yang bisa runtuh hanya dengan kematian Osama.

Al-Qaeda telah menjadi sebuah organisasi yang berada di seluruh dunia berdasarkan letak geografis, sehingga kematian Osama tidak akan mengubah hal itu. Al Qaeda memiliki jaringan kuat di Asia Tenggara, termasuk Noordin M top dan Dr Azahari yang terbunuh dalam serangan Densus 88 di Indonesia. Para teroris ini mendapat semangat dari Osama dalam melakukan aksinya di Indonesia.

Al-Qaeda, memiliki banyak pemimpin yang lebih mumpuni dibandingkan Osama. Barton menjelaskan, posisi Osama akan segera digantikan orang lain, dan akan begitu seterusnya sampai entah kapan. Osama mudah digantikan posisinya setelah meninggal dunia.

Osama bukanlah seorang intelektual atau seorang penulis hebat. Osama hanyalah seorang pemimpin karismatik di antara yang lainnya. ‘’Dia terkenal karena telah berhasil kabur dan bersembunyi sekian lama,” ujar Barton.

Karisma yang dimiliki Osama, tidak banyak dimiliki oleh pemimpin dan intelektual lainnya. Maka, posisi Osama akan dengan mudah digantikan, dan pergerakan Al-Qaeda tidak lantas akan berakhir dengan kematian satu orang.

Barton juga memperingatkan AS dan para sekutunya akan popularitas Osama yang akan menanjak jika mereka tidak berhati-hati dalam pemberitaan. “Saya kira dia (Presiden Barack Obama) akan mengambil langkah yang hati-hati dan terukur, jika tidak ini malah akan menjadi senjata makan tuan,” ujar Barton.

Bagi Dunia Islam dan banyak orang, Osama adalah seorang martir. Sehingga bila Barat/AS menyampaikan pernyataan yang menghujat atau menjelek-jelekannya seakan-akan dia iblis, hal ini justru hanya menambah popularitas Osama di antara para pendukungnya.

Osama dilaporkan tewas pekan lalu di luar kota Islamabad, Pakistan pada operasi gabungan antara tentara AS dengan pasukan Pakistan. Saat ini, jasad Osama sudah berada di pihak keamanan AS. Obama menegaskan, operasi AS ini bukanlah perang melawan Islam. Ia mengingatkan, bahwa Al Qaeda sendiri juga membunuh banyak umat Islam. [berbagai sumber, inilah.com]

Iklan