7 TIPS PANJANG UMUR DARI IKARIA

Posted on Updated on

IkariaOrang-orang pulau Ikaria di Laut Aegea Timur dikenal memiliki umur panjang. Sebuah studi yang dilakukan oleh Yayasan Riset Nasional Yunani menemukan bahwa mereka memiliki proporsi lansia berusia di atas 90 tahun sepuluh kali rata-rata Eropa.Sepertiga penduduk pulau pegunungan itu berusia 90 tahun atau lebih. Menariknya lagi, mereka tidak hanya hidup lebih lama, tetapi juga memiliki 20% lebih sedikit kasus kanker, 50% lebih sedikit kasus penyakit jantung, dan 90% lebih sedikit kasus diabetes dibandingkan rata-rata Eropa. Mereka hampir tidak ada yang terkena penyakit Alzheimer atau demensia. Pulau Yunani seluas 99 mil persegi itu mungkin menyimpan rahasia umur panjang yang kita butuhkan!

Apa yang mereka lakukan sehingga hidup lebih lama? Orang Ikaria hidup lebih lama dan sehat karena mereka terlibat dalam kegiatan alami, memiliki pandangan yang tepat tentang kehidupan, makan dengan benar, dan memiliki kekerabatan yang kuat dalam masyarakat. Jika Anda ingin hidup bersama keluarga dan sahabat Anda sampai usia 90 tahun, ikutilah tujuh hal berikut yang mereka lakukan:

1. Minum susu kambing.
Orang-orang Ikaria teratur minum susu kambing. Susu ini kaya akan senyawa antibakteri dan hormon tryptophan yang merupakan anti-depresan alami yang menciptakan rasa tenang dan menurunkan tekanan darah. Sekitar 80% orang Ikaria berusia lebih dari 90 mengonsumsi susu kambing beberapa kali per minggu sepanjang hidup mereka.

2. Tinggal di pegunungan.
Karena tinggal di daerah pegunungan, orang Ikaria mendapatkan cukup olah raga ketika berjalan kaki naik-turun bukit mengunjungi desa tetangga. Aktivitas fisik ini menjaga berat badan dan menurunkan risiko penyakit jantung mereka.

3. Makan sayur, buah dan biji-bijian.
Diet pulau itu adalah variasi dari pola makan Mediterania yang berfokus pada biji-bijian, sayuran, buah-buahan, minyak zaitun, ikan, kacang dan kentang. Mereka sedikit mengonsumsi daging merah dan gula. Sebagian besar sayuran yang dimakan orang Ikaria sarat nutrisi dan beberapa mengandung antioksidan lebih banyak dari teh hijau. Ada lebih dari 150 jenis sayuran yang tumbuh di Ikaria, yang mereka makan sebagai salad segar bersama buah-buahan.

Orang Ikaria mengonsumsi lebih banyak minyak zaitun daripada masyarakat lain di dunia. Setelah makanan mereka dimasak, mereka mencipratkan sedikit minyak zaitun di atasnya sebelum dimakan. Hal ini mengembalikan sifat menyehatkan minyak zaitun yang hancur oleh pemanasan.

4. Minum teh herbal.
Orang-orang Ikaria minum teh herbal dari bahan seperti mint liar dan chamomile setiap hari. Teh herbal mengandung senyawa yang menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung dan demensia.

5. Istirahat yang cukup.
Orang Ikaria tidur sore dengan teratur. Di sore hari, situasi kota sangat lengang ketika para penduduk setempat menutup toko untuk beristirahat tidur sore. Situasi menjadi hidup lagi setelah gelap, ketika waktunya untuk relaksasi dan bersosialisasi. Tidur sore 4 kali seminggu selama paling sedikit 30 menit membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan menjaga tubuh Anda tetap prima.

6. Menikmati waktu Anda.
Orang Ikaria tidak mencemaskan waktu. Mereka melakukan kegiatan menurut jadwal mereka sendiri sehingga jauh lebih rileks dan tidak menderita banyak penyakit yang terkait stres. Mereka juga beristirahat ketika merasa lelah. Orang Ikaria tahu bagaimana menciptakan keseimbangan hidup. Mereka menikmati waktu untuk bersenang-senang, berkumpul dengan teman dan keluarga.

7. Merekatkan hubungan masyarakat dan keluarga.
Orang Ikaria membina keakraban keluarga dan masyarakat. Mereka merayakannya dengan tradisi-tradisi lokal. Di sepanjang musim panas, ada banyak festival desa di mana masyarakat menari dan menyanyi. Sementara di banyak tempat di Yunani festival telah berubah menjadi acara komersial besar, di Ikaria festival terus dilakukan dalam skala kecil dan berbasis masyarakat.

Aspek sosial dari kehidupan sangatlah penting. Membina kebersamaan dengan keluarga dan kerabat Anda sangat bermanfaat untuk kesehatan dan telah terbukti membantu memperpanjang umur. Hubungan sosial yang kuat terbukti menurunkan risiko depresi, penyakit jantung, dan masalah kesehatan lainnya.

Proudly Powered by Ama Salman al-Banjari

Mentari pagi Akhir Desember 2012