4 Pemanis buatan ini ternyata menyehatkan tubuh

Posted on

Gula
Tidak selamanya pemanis buatan yang berfungsi untuk menggantikan fungsi gula berdampak buruk untuk kesehatan tubuh. Sebab, ada pula pemanis buatan yang ternyata aman untuk Anda konsumsi.

Berikut adalah pemanis buatan yang ternyata baik untuk kesehatan tubuh seperti dilansir dari care2.com.

Stevia
Stevia adalah pemanis buatan dan rendah kalori yang sangat populer. Pemanis ini terbuat dari ekstrak daun tanaman stevia rebaudiana. Stevia memiliki rasa yang manis namun rendah akan kalori. Uniknya, stevia mampu menurunkan tekanan darah tinggi hingga 6-14% dan kadar gula dalam darah pada penderita diabetes.

Erythritol
Erythritol merupakan pemanis rendah kalori yang ditemukan secara alami dalam buah-buahan tertentu. Saat Anda mengonsumsi erythritol, Anda tidak akan mengalami lonjakan gula darah sebab zat ini mampu diserap dengan mudah oleh tubuh.

Xylitol
Xylitol adalah gula alkohol yang memiliki rasa manis mirip dengan gula biasa. Xylitol memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan gigi seperti mampu mengurangi resiko gigi berlubang dan mencegah kerusakan gigi. Xylitol juga mampu meningkatkan kepadatan tulang.

Sirup Yacon
Pemanis ini terbuat dari tanaman yang bernama Yacon dan merupakan tanaman asli di Andes, Amerika Selatan. Pemanis ini menjadi populer sebab mampu menyebabkan penurunan berat badan yang cukup signifikan. Sirup yacon juga mengandung serat larut yang baik untuk kesehatan tubuh.

Ternyata beberapa pemanis buatan tidak menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan seperti contoh pemanis alami di atas. Anda tertarik untuk mengganti konsumsi gula Anda dengan pemanis tersebut? (Merdeka.com) 

[feb]