Gambar

Reformasi(nya) Oligarki

Gambar Posted on Updated on

KALAU kita perhatikan agak teliti, ada yang baru dalam momen perayaan reformasi tahun ini. Kebaruan itu tampak pada penonjolan tema tentang bahaya oligarki, yang mendadak disuarakan banyak kalangan. Duduk perkaranya terkait dua peristiwa sensasional yang mewarnai dinamika konflik elit politik nasional. Yang pertama, sejak awal bulan Mei lalu, Sri Mulyani Indrawati mengajukan pengunduran diri dari jabatannya selaku Menteri Keuangan. Tak lama berselang, publik mendengar pengumuman terbentuknya sekertariat gabungan (Setgab) partai-partai koalisi yang dipimpin oleh ketua umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie. Ketua DPP Partai Golkar, Priyo Budi Santoso segera meluncurkan komentar yang menyatakan partainya tidak keberatan mempetieskan kasus Bank Century menyusul mundurnya Sri Mulyani. Baca entri selengkapnya »

Iklan

PENYAKIT “LUPA”

Gambar Posted on Updated on

PERHATIAN: Kisah ini (setengah) fiktif belaka. Kesamaan nama, tempat, atau peristiwa, mungkin disengaja atau tidak disengaja. Pembaca harap maklum.

TERSEBUTLAH seorang wanita bernama Ninin. Dia tersangkut kasus korupsi yang merugikan keuangan negara puluhan miliar rupiah. Ketika akan diperiksa penegak hukum, dia segera saja terbang ke Singapura. Suami dan keluarganya mengatakan, Fortuna bukan kabur tapi berobat. Dia disebut-sebut menderita penyakit lupa atau syndrompohoan (?). Berhari-hari, berminggu-minggu, berbulan-bulan, Ninin tidak juga kembali. Baca entri selengkapnya »

20 Mei Bukan Hari Kebangkitan Nasional

Gambar Posted on Updated on

Kelahiran organisasi Boedhi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908 sesungguhnya amat tidak patut dan tidak pantas diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional, karena organisasi ini mendukung penjajahan Belanda, sama sekali tidak pernah mencita-citakan Indonesia merdeka, a-nasionalis, anti agama, dan bahkan sejumlah tokohnya merupakan anggota Freemasonry Belanda (Vritmejselareen). Baca entri selengkapnya »